SINGAPORE TRIP #1

8:35 AM

HELLO THERE! So as if you guys can see the title of this post, yes this time FINALLY I would share about my previous Singapore Trip for around 2 months ago. Niatnya mau ngepost dari seminggu setelah pergi...taunya males, males, males, harus edit-edit foto, bla bla bla. DAN tiba-tiba hari ini libur sehari dan sok ide deh ngedit2 foto kemaren and finally I decided to write to this blog! But anyway, I would probably make into three parts so here we go for the first part of my post!

So, back to last year, sekitar bulan November, gue dan temen deket kuliah gue dapet info soal Laneway Festival which is held every year in Singapore tiap bulan Januari, then We got the news that some of our favorite Artist would come up there... The 1975, Chrvches, Beach House, Diiv, and so many else, and it was like... Waktu itu literally mau mati dengernya BECAUSE WHO DOESNT? Langsung nyari info2 soal harga tiket dsb, and shortly we came up with... gak jadi Laneway karena beberapa alasan dan halangan, so then we had this little idea about having a trip. Mikirin waktu itu kita bakal punya full 2 bulan liburan semester yang emang gak ada plan apa2...And finally we got so many plans back then, wacana-wacana, dan akhirnya beneran buat having this trip to Spore. But sadly, gue yang harusnya pergi berlima sama temen2 deket kampus gue tersebut, eh yang bisa cuman berempat. Karena temen kita yang satu, which is Audhila, yang harus memakai waktu liburan semesteran dua bulan tersebut buat latihan nari.

So first I want to talk about the Airplanes and Hotel. Jadi, kita pengen kayak trip yang lumayan low budget. Soalnya ini juga rencananya tiba2 dan iseng, jadi gak sempet ngumpul2in duit semacamnya, terutama buat anak kuliahan yang emang susah banget buat ngatur duit, so then we were looking for a low budget flight, and of course for the hotel. Buat singkatnya, kita dapet flight murah, yang kalo ditotalin PP cuman 900ribuan. Kalo buat hotel, kita milih Hostel buat penginapan karena harganya yg murah, dan emang salah satu temen gue yang udah hunting sana sini buat hotel2 ngerasa Hostel yg kita tempatin cukup worth it buat ditinggalin dgn budget yg murah juga. WHICH is cuman 500ribu untuk 3 malam...

For this first post, I would share you guys about the Day one of our trip which was on the 27th Jan this year (kayaknya), yaitu hari Senin, karena emang kita nyari Weekdeys buat low price pesawat dan hotel. Sooo around 8 am, kita ngumpul di bandara then arrived at the City around 11 pm.

Sampe di Changi Airport, kita langsung beli Tiket MRT utk Tourist yang bisa unlimited dipake selama 3 hari seharga 30 dollar. So theen, we were heading to the nearest Station from the Hostel, yaitu Farrerpark Station. Hostel yang kita tempatin itu terletak di daerah Little India, tapi lebih deket ke Stasiunnya di Farrerpark dibanding Little India. And my friend who was discovering the whole Flights and Hotel is Ismi, jadi kita sisanya cuman iya-iya ngikutin aja HEHE. Jadi nama Hostelnya adalah Mori Hostel, buat alamat lengkapnya I would put it in the end of this post, atau bisa search juga di Google, karena Hostel ini juga cukup banyak yang tempatin dan sesuai Review yang temen gue baca, selain murah, Hostel ini cukup bagus, rapih, dan bersih. Soooo then, akhirnya kita pun sampe di hostel sekitar jam 12-1an.

Sampe di Hostel, pertama kita Check in ke Resepsionisnya yang ramah2 banget dan super friendly dan ternyata kita harus kasih Deposit masing2 sebesar 20 dollar, yang nantinya bakal dibalikin pas kita udh Check Out. Terus kita dikasih seprai dan selimut masing2 dan kita juga yang masang sendiri di tempat tidur yang mau kita tempatin. Akhirnya sampe di kamar yang gak terlalu besar, tapi super comfy dan yang penting di tiap tembok masing-masing tempat tidur ada COLOKAN. Dan gue udah expect bakal harus pake Colokan 3 kepala, TAUNYA ENGGAK, bisa yang cuman 2 kepala. Terus kita pun beres-beres, masukin koper ke loker lemari. Sebenernya total tempat tidur di kamarnya itu ada 6, cuman pas siang itu kamarnya masih kosong, jadi kita literally hanya berempat di kamar tersebut. Then I choosed to sleep in the down line of the bed. Karena jujur gue takut tidur sendirian apalagi diatas gitu, akhirnya teman gue pun mengalah untuk tidur diatas.

Kelar beres-beres, gue pun ngeliat2 kamar mandi, sampe dapurnya yang emang sangat bersih walaupun kecil tapi teratur dan enak aja ngeliatnya.

Disini disediain air putih gratis yang kapanpun bisa kita ambil, yaudah akhirnya gue pun ngambil air putih sebanyak2nya ditaroh di botol, because the price of water there so fucking expensive. Dan gue pun ngeliat2 bermacam makanan buat sarapan dan piring2 yang tertata rapih yang kalo udah kita pake harus kita cuci sendiri juga.

Selesai ngeliat2, akhirnya kita pun persiapan buat pergi keluar Hostel dan menjalankan rencana pertama kita... which was going to the most mainstream place on the City. Sebenernya trip ini kita pengen pergi ke tempat2 yang gak terlalu mainstream, karena emg ini bukan pertama kali kita berempat kesini, because the last time I've had the Spore trip with my family which was on 2012 though. TAPI, kita tetep pergi ke tempat tersebut dengan sebuah alasan yang agak kurang penting jadi gak perlu diceritain HAHA. Akhirnya kita kembali menuju Farrerpark Station dengan jalan kaki yang gak terlalu jauh dari Hostel tersebut, dan menggunakan tiket MRT kita yang unlimited tersebut (sebenernya ada nama tiketnya cmn jujur lupa namanya apa). Dan kita pun menuju Stasiun yang berdekatan dengan Merlion :(

So we were walking through that place, yang gue lupa kita turun di Stasiun apa but it turned out kita harus jalan lumayan jauh ke Marina Bay dan ke si patung singa. Yaudah daripada mengeluh karena emang baru jalan dikit udah capek, I seized the moment to capture some pictures there. Cuman karena terlalu banyak, jadi cuman segitu aja yang di share. Walking through the buildings, parks, bridge, sampe akhirnya kita berhenti sebentar di taman gitu yang ada bola-bola yang gue lupa nama tempatnya apa. Then we were taking some pictures there for a moment, dan duduk-duduk sebentar juga.

Duduk-duduk dan foto-foto sebentar, dan akhirnya lanjut jalan dan mampir sebentar ke Patung merlion buat foto untuk suatu alasan... dan enggak, gak akan di share fotonya. Setelah itu ternyata udah sekitar jam 3-4an gitu, udah lumayan sore cuman buat ngiterin daerah Merlion karena jalanannya jauh banget dan laper banget juga. So we were about helding to Marina Bay Sands di Mallnya buat makan. Dan salah satu temen gue nawarin apa gak naik MRT aja, soalnya kalo jalan lumayan jauh. Dan dengan sok idenya, kita tetep memutuskan buat jalan. Sekalian berniat untuk olahraga supaya kurus. But then it turned out to be the most horrible idea ever. JAUH BGT, dan jauh banget. Dan gak bawa air putih sama sekali. Tapi demi makan, akhirnya kita ngelewatin berbagai perjalanan yang cukup berat, dan jembatan yang super panjang juga.

Sampe di Mall sekitar 30 menit setelahnya, nafas udah mau abis, akhirnya langsung menuju foodcourt dan makan. Selesai makan, akhirnya kita pengen foto-foto sedikit di depan Mall sambil duduk-duduk karena masih capek abis jalan jauh dan panjang tersebut. Dan sisa beberapa jam setelahnya, tadinya kita punya plan yang cukup banyak buar hari itu, but the suck walks were ruining everything, akhirnya kita ngabisin waktu foto-foto disitu. Sampe akhirnya mutusin buat jalan sekitar jam 6-7an ke Gardens by the Bay.

Ok, the last photo is the fake one though.

Setelah puas ngambil foto yang sebenernya lebih banyak dari yang dipost disini, akhirnya kita berjalan lagi ke Gardens by the bay yang letaknya gak begitu jauh dari Marina, cuman ya... tetep aja jalan kaki. Tetep kerasa jauh juga. Sampe disana, ada kayak jembatan gitu yang panjang dan letaknya diatas, cuman berhubung kaki udah mau patah dan jujur literally mau patah karena sepatunya bikin sakit juga. Dan teman-teman gue pun juga gak sanggup lagi buat bener-bener menikmati wisata di Gardens by the bay tersebut, kita pun akhirnya beberapa waktu duduk-duduk di pinggir airnya. Sambil nunggu agak gelap buat nyari makan malem,

Dan ternyata, Bakhitah pengen beli sesuatu di sebuah tempat di daerah Raffles. Akhirnya sekitar jam 7an yang masih terang tersebut, kita pun menuju Raffles dengan menaiki MRT. Walaupun saat itu udah terlalu capek, tapi kita tetep mengikuti keinginan teman kita tersebut. Arrived at the place, ternyata dari stasiun masih harus jalan lagi ke Raffles Hotel Arcade, dan mencari sebuah Store yang bernama Surrender. Tempatnya bagus, dan kayak bangunan interiornya cukup tua gitu, dan liftnya jalannya lambat banget. Terus kita harus naik ke lantai dua utk menuju Store tersebut, dan akhirnya Bakhitah pun memenuhi keinginannya untuk membeli sesuatunya yang adalah kaos hitsnya itu.

WELL, akhirnya kita udah capek. Bener-bener capek. Walaupun hari pertama tapi udah kerasa kaki mulai berotot karena jalan melulu, mungkin ini efek karena badan gue yang kaku gak pernah olahraga juga. Dan akhirnya kita kalo gak salah abis itu ke Orchard buat makan malem... which was McDonalds. Dan akhirnya sekitar jam 9an balik ke Hostel. BUT WAIT. Enggak, gak literally langsung balik. Tapi hunting barang dulu di Mustafa HAHAHA. Pokoknya itu Store yang bener-bener ngejual semuanya dan murah2 banget. Dari cokelat, parfum, makeup, baju, sepatu, dan banyak banget. Cuman ya gitu, letaknya di Little India, dan gak terlalu fancy tempatnya, bahkan gak fancy sama sekali. Dan salah satu eskalatornya bahkan mati. Tapi demi barang murah, kita pun kesitu. Because the place wasn't that far from the Hostel, kita hari pertama cuman ngeliat-liat, bakal mau beli apa buat besokannya. We still got a time though, dan akhirnya sekitar jam 10-11an kita pun balik ke hostel dan menenangkan diri di kamar dengan wifi yang super kenceng. OH IYA, jadi kita selama 4 hari trip disana sama sekali gak pake paket buat internet ataupun apapun di hp. Literally enggak make sama sekali. Kita cuman ngandelin Wifi hotel pas malem-malem, dan wifi kalo ada di beberapa tempat gitu. Dan ekspektasi sebelumnya adalah gue gak bakalan tahan tanpa internet.. TERNYATA BISA. And that's how proud I am to myself karena ternyata sosial media dan handphone itu bisa kok gak selalu bergantung di hidup kita...

Ok then. the rest of the night, kita pun istirahat, tidur, dan ternyata ada dua Unnie Korea yang nginep satu kamar sama kita... Lol. But they were fine, though. Dan karena gue cukup capek sekarang, jadi see for the next part of this trip on my next post!